10 Bulan Pakai VPS Singapore di DigitalOcean, Apa Keunggulan-nya?


Nggak terasa sudah 10 bulan lamanya menggunakan VPS Singapore di DigitalOcean sejak hengkangnya dari shared hosting JagoanHosting. Selama 10 bulan lamanya, apa saja sih pengalaman yang didapat dari DigitalOcean?

DigitalOcean.com atau disingkat DO adalah penyedia layanan infrastruktur cloud yang berkantor pusat di kota New York, Amerika. Awal mula kenal dengan si Hiu Biru ini ketika banyaknya penjual akun bersaldo di marketing P-Store.net. Pada saat itu tergiur dengan kupon student dari Github dengan saldo 50$ yang dijual hanya 1$ atau seitar 14 ribuan.

Pada saat itulah IDNprice.com mulai menggunakan VPS di DigitalOcean hingga 10 bulan dan akhirnya migrasi ke Connectindo.com dengan alasan mendapat promo ‘langka’, ya untuk menghemat pengeluaran bulanan lah.

Harga Murah!
Salah satu yang membuat saya tertarik dengan Digital Ocean adalah harga yang murah. Salah satu paket terbaik yang saya gunakan adalah 1GB Ram/25GB Storage yang dibandrol 5$USD atau setara Rp 70 Ribuan. Jika beli di Indonesia dengan paket seperti itu mungkin bisa kena 7$USD atau sekitar 100 Ribuan. Namun kita juga perlu mendukung produk di Indonesia untuk bisa bersaing.

Uptime yang menjajikan!
DO menjanjikan layanan cloud servernya ini memiliki waktu uptime di masing-masing wilayah sebesar 99%. Jaminan tersebut sudah saya rasakan hingga sepuluh bulan lamanya. Pernah sekali mendapat jadwal Maintenance atau pemeliharaan server dengan optimasi 6 Jam, namun jadwal pemeliharaan server tersebut ternyata hanya berjalan sekitar 1 Jam saja. Menjajikan bukan?

Performa Terbaik!
Mengusung teknologi Intel(R) Xeon(R) CPU E5-2650 v4 dengan kecepatan CPU hingga 2.20GHz ditambah dengan penyimpanan SSD, DigitalOcean mampu menjalankan I/O hingga 700Mb/detik ditambah dengan kecepatan download di singapura hingga 100MB/s. Mantap bukan?

Hasil Benchmark VPS DigitalOcean Singapore.

Control Panel Menarik!
DigitalOcean juga menyediakan kontrol panel layaknya SolusVM dimana kamu bisa menginstall ulang OS, Reboot server, Upgrade dan Downgrade paket dan fitur menarik lainnya. Sangat membantu bukan?

Tersedia 8 Datacenter!
DO saat ini memiliki total 8 pusat data masing-masing terletak di New York, San Francisco (Amerika), Amsterdam Belanda, London Inggris, Frankfurt Jerman (Eropa), Toronto (Kanada), dan di asia ada Singapore, Bangalore India. Lumayan lengkap bukan?

Pembayaran yang mudah!
Disaat ingin memakai VPS dari luar negeri, yang paling sulit adalah bagian pembayaran. Jangan khawatir karena DigitalOcean mendukung pembayaran via Paypal. Namun kamu harus memverifikasinya terlebih dahulu bisa menggunakan VCC.

Nah, tertarik dengan DigitalOcean?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *