Apa Itu Content Placement? Ini Sedikit Penjelasannya!


Pernah nggak sih tiba-tiba dapat Email tentang kerjasama content placement dari suatu perusahaan?

Beberapa waktu lalu nggak sengaja buka Email dan ada pesan tawaran kerjasama content placement dari online shop ternama di Indonesia.

Nggak gemen-gemen, situs blog saya ditawari kerjasama content placement dengan biaya awal 500 ribu. Lumayan bukan untuk penghasilan tambahan selain dari Adsense.

Pada saat itu saya belum tahu apa yang dimaksud dengan content placement. Setelah sedikit berbincang-bincang dengan pengiklan akhirnya saya mulai paham apa yang dimaksud dengan content placement.

Apa yang dimaksud Content Placement?
Content Placement sering disebut juga dengan guest post atau artikel untuk SEO lebih tepatnya kerjasama untuk tujuan SEO website/blog.

Memang sedikit sulit untuk dijelaskan, lebih jelasnya situs agan akan digunakan sebagai backlink dalam bentuk artikel dan menargetkan keyword tertentu.

Misal si pengiklan content placement mengajak kerjasama dengan situs blog Anda, mereka akan membuat artikel yang nantinya akan diposting di blog agan, mereka juga akan menaruh link aktif di dalam artikel tersebut guna tujuan SEO di situs mereka. Ibarat promosi link lah.

Enaknya diterima atau tidak?
Sedikit saran, saya pribadi mendapat tawaran kerjasama content placement dari Online Shop tadi dengan nice Teknologi, Lifestyle dan Fashion. Nah, sedangkan situs blog saya membahas tentang Teknologi, dari situ saya menolak tawaran tersebut dengan alasan untung di Awal rugi di belakang. Maksudnya?

Misal gini, si pengiklan ingin membuat artikel tentang “Google Nexus”, sedangkan artikel dengan keyword Google Nexus sendiri sudah kita posting dan berada di Page One. Apa jadinya jika ada dua artikel sama dengan keyword Google Nexus tersebut? Ditambah satu artikel mengandung link DoFollow. Pasti bakal merosot dan link DoFollow di artikel kita tersebut bakal menggantikan posisi artikel kita yang berada di Page One tadi.

Intinya jika nice blog agan tentang Teknologi, jangan menerima content placement Teknologi. Jika blog agan nicenya tentang Fashion, jangan menerima content placement Fashion.

Enaknya dikasih harga berapa?
Saya pribadi saat ini menaruh harga Rp.500ribu/6 Artikel dengan 1 link DoFollow/Artikel.
Harga bisa dinaikkan atau turun tergantung juga pada DA dan PA domain agan. Kalau punya saya saat ini DA30 dan PA31.

Bagaimana biar dapat tawaran Content Placement?
Tawaran kerjasama Content Placement biasanya hadir dengan sendirinya. Namun, sebagian orang menawarkan blog mereka ke penyedia jasa SEO, situs Online Shop atau perusahaan lainnya. Jika agan memiliki blog dengan DA dan PA tinggi dan visitor banyak mungkin akan lebih mudah mendapatkan atau mencari tawaran Content Placement.

Nah, sudah paham apa yang dimaksud dengan content placement? Jangan lupa tinggalkan jejak ya sobat IDNprice!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *