Cara Install CyberPanel, Panel Hosting Dengan Dukungan OpenLitespeed


CyberPanel, kalian yang lagi nyari control panel hosting gratis pasti sudah nggak asing lagi nih dengan salah satu panel primadona IDNprice yang satu ini!

Yap!

CyberPanel adalah control panel hosting generasi baru yang didukung dengan OpenLiteSpeed/LiteSpeed sebagai webservernya. CyberPanel sendiri saat ini dapat di install secara gratis (OpenLiteSpeed) ataupun berbayar (LiteSpeed). Walaupun gratis, CyberPanel dibangun untuk kecepatan, keamanan, dan keandalan. Ini juga sudah mendukung PHP versi terbaru 7.3, backup Otomatis ke AWS S3, DigitalOcean Spaces dan banyak fitur menarik lainnya.

Nah, bagaimana cara menginstal panel andalan yang satu ini? Berikut tutorialnya!

Tutorial disini saya coba menggunakan VPS Linux CentOS 7. Untuk OS yang lainnya boleh nyimak, dan nggak beda jauh kok, bisa diterapkan juga tentunya.

Sebelumnya login ke root/SSH dulu, pakai PuTTY kalau saya!

Cara yang pertama install wget terlebih dahulu, wget sendiri berfungsi untuk dapat men-download file via HTTP yang akan kita gunakan untuk download file CyberPanel nantinya. Caranya sebagai berikut:

– Install wget di CentOS 7:

yum install epel-release wget -y

Bagi kalian pengguna OS Ubuntu, Debian, Free BSD atau yang lainnya, silahkan cari di Google tentang cara install wget berdasarkan os kalian.

Jika wget sudah diinstall, saatnya eksekusi instalasi CyberPanel-nya.

Untuk instalasi juga sangat mudah karena hanya menjalankan 1 baris perintah saja. Sebenarnya menjalankan perintah ini juga akan installing curl and wget juga. Jadi cara yang atas tadi nggak pertu tapi untuk antisipasi saja bisa dilakukan. Cara kedua sebagai berikut:

– Install CyberPanel:

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)

Jika sudah, nanti hasilnya akan muncul pilihan seperti ini:

                CyberPanel Installer v2.0

  1. Install CyberPanel.

  2. Install Addons.

  3. Exit.

Please enter the number[1-3]:

Dan ketik angka 1 lalu enter untuk Install CyberPanel.

Jika sudah, maka akan muncul pilihan lagi seperti ini:

                CyberPanel Installer v2.0

  RAM check : 78/991MB (7.87%)

  Disk check : 1/25GB (5%) (Minimal 10GB free space)

  1. Install CyberPanel with OpenLiteSpeed.

  2. Install Cyberpanel with LiteSpeed Enterprise.

  3. Exit.


Please enter the number[1-3]:

Untuk intall CyberPanel gratis ketik angka 1.

Jika sudah, akan muncul pilihan lagi yakni pilih password.

Please choose to use default admin password 1234567, randomly generate one (recommended) or specify the admin password?
Choose [d]fault, [r]andom or [s]et password: [d/r/s]

Ketik huruf d untuk memilih password default, pass defaultnya adalah 1234567

Jika sudah, nanti akan muncul pilihan lagi, antara lain:

Install Memcached extension for PHP?
Please select [y/N]:
Install LiteSpeed Memcached?
Please select [y/N]:
Install Redis extension for PHP?
Please select [y/N]:
Install Redis?
Please select [y/N]:

Semuanya ketik y aja. Tergantung agan juga sih!

Jika sudah tinggal tunggu sambil ngopi aja. Jika kopinya sudah habis maka proses instalasinya akan selesai dan akan muncul detail akun login CyberPanel kamu nantinya. Seperti ini contohnya:

###################################################################
                CyberPanel Successfully Installed

                Current Disk usage : 3/25GB (15%) // minimal install panel ini 10GB disk

                Current RAM  usage : 323/991MB (32.59%) // butuh minimal 768 mb ram untuk install panel ini

                Installation time  : 0 hrs 16 min 29 sec // durasi saat install panel ini

                Visit: https://xxx.xx.xxx.xxx:8090 // xxx ganti dengan ip server agan
                Panel username: admin // ini adalah username panel  agan
                Panel password: 1234567 // yang ini login password default-nya
                Mysql username: root // ini username mysql
                Mysql password: k3m5h1CrAn3zBt // yang ini password mysql

            Please change your default admin password
          If you need to reset your panel password, please run:
                adminPass YOUR_NEW_PASSWORD                                     

          If you change mysql password, please  modify file in
         /etc/cyberpanel/mysqlPassword with new password as well

              Website : https://www.cyberpanel.net
              Forums  : https://forums.cyberpanel.net
              Wikipage: https://docs.cyberpanel.net

            Enjoy your accelerated Internet by
                CyberPanel & OpenLiteSpeed                                      
###################################################################

Nah, sudah bisa atau pada gagal nih? Atau mau diinstalin sekalian silahkan kontak email saya dibawah!

Untuk demo CyberPanelnya cek disini: Demo CP

BTW saya disini menggunakan server DigitalOcean.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *