Cara Install WordPress ‘Self-Hosting’ Manual lewat cPanel, Khusus Pemula!


WordPress atau disingkat WP, adalah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin pembuat blog. Tanggal awal rilis pada Mei 2003, CMS ini sudah menguasai hingga 75 juta website di seluruh dunia termasuk Indonesia.

WordPress memang sangat populer di Indonesia termasuk situs IDNprice salah satu pengguna setia WP dan sangat merekomendasikan CMS ini untuk membuat blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka.

Nah, bagaimana cara instalasinya? Berikut IDNprice rangkum tutorial install WordPress manual melalui cPanel Hosting.

Cara Install WordPress.
1. Yang pertama kali kita siapkan adalah cPanel Hosting. Bagi yang belum punya, berikut tempat 10 hosting terbaik di Indonesia.

2. Download Script CMS WorldPress. Adapun link download klik disini WordPress.org.

3. Login ke akun cPanel kamu, lalu pilih “File Manager“. Kegunaan File Manager ini tak lain untuk mengedit file atau mengupload file-file di website kamu tentunya.

4. Upload file WordPress yang kamu download tadi. Klik tombol “+ Add File” maka kamu akan dialihkan ke tab baru, disitulah kamu bisa mengupload file-file termasuk file Zip WordPress yang kamu download tadi.
Jika sudah dialihkan ke tab baru tadi, upload file WordPress.zip kamu, jika sudah selesai terupload, klik tombol kembali bagian paling bawah.

5. Jika file WordPress.zip sudah kamu upload, saatnya untuk Ekstrak atau mengeluarkan file-file dalam file Zip WordPress yang kamu upload tadi.
Cari file WordPress.zip yang kamu upload tadi, lalu klik kanan dan pilih Ekstrak atau UnZip.
Jika kamu menggunakan smartphone mobile, pencet file WordPress.zip agak lama, lalu pilih Ekstrak atau UnZip.

6. Jika sudah ter-ekstrak, maka akan muncul folder baru bernama /wordpress/. Di folder inilah semua file WordPress tersimpan, dan sebaiknya kita pindahkan dahulu ke folder /public_html/ atau tempat file folder website kamu.
Caranya, pencet 2x pada gambar folder /wordpress/ tadi, setelah itu maka akan muncul banyak file-file, lalu pencet Ctrl+A atau tandai semua file dan klik kanan, maka akan muncul pilihan lagi dan pilih “Move“, saat kamu pencet move maka akan muncul kolom dan isi dengan ini “/public_html/” dan save! Sekarang semua file sudah berpindah ke public_html!

7. Sekarang kunjungi website kamu untuk meng-install WordPress. Namun sebelumnya kita harus membuat user database dahulu.

Cara Membuat Database di cPanel lewat Database Wizard.
Untuk membuat database paling mudah melalui Database Wizard MySQL di cPanel kamu, hampir semua cPanel menyediakan fitur Database Wizard, jika tidak ada, alangkah baiknya pindah Hosting. Ya karena sudah dipastikan minim fitur!

8. Masih login ke cPanel kamu, lalu pilih Database Wizard.
– Langkah 1, buat nama database kamu, ketik aja “blog” biar nggak lupa.
– Langkah 2, buat pengguna database, ketik lagi “blog” biar nggak lupa lagi, jangan lupa masukkin sandi database dan jangan sampai lupa lho!
– Langkah 3, tandai semua pilihan atau tandai all right.
– Langkah 4, database kamu sudah jadi, jangan lupa copy paste nama dan pengguna database kamu tadi.

9. Install WordPress.

10. Memulai menggunakan WordPress.

Hanya itu saja yang bisa IDNprice bantu tentang cara install wordpress manual, jika masih kesulitan, silahkan tinggalkan balasan kamu melalui komentar dibawah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *